kali ini saya akan menjelaskan sedikit cara setup dan transfer file menggunakan putty.
1. Studi kasusnya, saya ambil dari pengalaman saya sendiri. Dimana file yang saya transfer dengan aplikasi filezilla terlebih dahulu ditempatkan di direktori /home.
2. Kita install dulu aplikasi Putty di komputer rekan-rekan.
sudo apt-get install putty
3. Setelah terinstal, kita jalankan aplikasi putty via terminal.
sudo putty
4. Maka akan muncul kotak dialog setup seperti berikut ini. Ketikkan hostname atau IP server, untuk port’nya biarkan saja menggunakan yang default, yaitu 22.
5. Kita akan diminta untuk login dengan memasukkan username dan password server.
6. Jika username dan password valid, maka kita akan berada di direktori root. Ketikkan mc untuk memulai transfer file.
7. Kita akan dihadapkan pada 2 jendela, hampir sama seperti filezilla. Di sebelah kiri sebagai sumber file (source) dan yang bagian kanan sebagai target direktori file yang akan di-copy.
8. Gunakan tombol tab untuk berpindah-pindah link. Jika ingin mentransfer folder/file (copy file), tinggal tekan tombol F5. Kembali gunakan tab untuk memilih opsi dan tempatkan seleksi pada link OK. Tekan Enter untuk mentransfer file ke direktori target yang terdapat di layar sebelah kanan.
OK deh, sekian dulu tutorial singkat saya tentang jaringan komputer ini. Semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan semuanya.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment