Cara Kerja Web dan Web Server


•    PENGERTIAN WEB

Web artinya Suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakaninformasi. Dengan menggunakan teknologi tersebut, informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satuhari dan dikelola oleh mesin. Untuk mengakses informasi yang disediakan web ini, diperlukan berbagai perangkat lunak, yang disebut dengan web browser.

•    CARA KERJA WEB

Seorang USER dan ingin membuka sebuah situs ,dalam hal ini misalnya metroNews.com dari sebuah komputer yang berada di sebuah warnet. URL atau REQUEST yang saya ketik melalui aplikasi BROWSER yang kali ini dipakai adalahMozilla firefox 3.0,maka URL/alamat yang saya tadi ingin masukkan di klik di kolom (www) atau world wide web yang merupakan sebuah arsitektur kerja untuk memasuki dokumen yang saling berhubungan. Setelah URL atau nama situs itu dimasukkan di mesin pencari (mozilla) maka akan secara otomatis "jika komputer terkoneksi"DATA/URL akan terkirim dan akan memasuki wilayah kerja TCP/IP . Disini data akan diperiksa sesuai alamat dan permintaannya, dan server akan mengambil Header/judul sebagai patokan pencarian sehingga jelas dan tidak rumit. Setelah itu Body akan di sesuaikan dan server akan memberikan data yang minta melalui alamat IP asal request tersebut jika data ada dan valid ke clientserver  sebelum akhirnya kembali lagi ke user berupa display , namun cara kerjanya tidak sesimpel itu, itu hanya sebagi perumpamaan saja.

•    PENGERTIAN WEBPAGE

Istilah web page sering digunakan untuk menunjukan sebuah halaman website.Jika Home pagediibaratkan sebuah sampul buku,web page dapat dibaratkan sebuah halaman dalam buku.Karena home page juga merupakan sebuah halaman web site (letaknya di bagian depan), maka home page juga disebut web page.Tetapi,tidak semua web page dapat di sebut home page.

•    CARA KERJA WEBPAGE

Webpage adalah bagian dari sebuah web. Jadi cara kerjanya sama seperti sebuah web. Setelahsemua data muncul atau tampil di layar. Kita merequest untuk membuka suatu webpage dari tapilanweb tersebut. Maka saat mengklik suatu link di web, maka data akan kembali merequest suatu URLyang kita inginkan. Lalu memasuki wilayah kerja TCP/IP, disana akan diperiksa sesuai alamat dan permintannya dan server akan mengambil header/judul sebagai patokan pencarian. Sehingga jelas danmudah. Setelah itu Body akan disesuaikan dan server akan memberikan data yang diminta melaluialamat IP asal request tersebut jika data ada dan valid ke client server sebelum akhirnya kembali lagi keuser berupa display.


•    PENGERTIAN WEBSITE

Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasidata teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkaitdimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statisapabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinyainteraktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

•    CARA KERJA WEBSITE

Sama seperti sebuah web cara kerjanya, karena website adalah kumpulan halaman web untuk menampilkan informasi data teks. Setelah semua data muncul atau tampil di layar. Kita merequestuntuk membuka suatu webpage dari tapilan web tersebut. Maka saat mengklik suatu link di web, makadata akan kembali merequest suatu URL yang kita inginkan. Lalu memasuki wilayah kerja TCP/IP,disana akan diperiksa sesuai alamat dan permintannya dan server akan mengambil header/judul sebagai patokan pencarian. Sehingga jelas dan mudah. Setelah itu Body akan disesuaikan dan server akanmemberikan data yang diminta melalui alamat IP asal request tersebut jika data ada dan valid ke clientserver sebelum akhirnya kembali lagi ke user berupa display.

•    CARA KERJA WEBSERVER SAMPAI PADA CLIENT SERVER

Pada dasarnya tugas web server hanya ada 2 (dua), yaitu:

1.Menerima permintaan (request) dari client, dan
2.Mengirimkan apa yang diminta oleh client (response). Secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut:
Penjelasan gambar:

1.Client disini dapat berupa komputer desktop dengan minimal memiliki browser dan terhubungke web server melalui jaringan (intranet atau internet).
2.Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana didalamnya terdapat perangkat lunak webserver. Agar komputer ini dapat diakses oleh client maka komputer harus terhubung ke jaringan(intranet atau internet). Dalam jaringan internet, komputer ini bisa saja bernamawww.google.com, www.ub.ac.id, atau memiliki kode komputer (disebut IP Address) seperti 202.10.20.10 dan 200.100.50.25.
3.Pertama-tama, client (user) akan meminta suatu halaman ke (web) server untuk ditampilkan dikomputer client. Misalnya client mengetikkan suatu alamat (biasa disebut URL) di browser http://www.google.com.Client menekan tombol Enter atau klik tombol Go pada browser. Laluapa yang terjadi? Melalui media jaringan (bisa internet, bisa intranet) dan melalui protokol http,akan dicarilah komputer bernamawww.google.com, www.ub.ac.iddll. Jika ditemukan, maka seolah-olah terjadi permintaan, “hai google, ada client yang minta halaman utama nich, adadimana halamannya?”. Inilah yang disebut request.
4.Sekarang dari sisi server (web server). Mendapat permintaan halaman utama google dari client,si server akan mencari-cari di komputernya halaman sesuai permintaan. Namanya juga mencari,kadang ketemu, kadang juga tidak ketemu. Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akandikirimkan ke client (si peminta), namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404. Page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment